30 Tanaman Apotik hidup

July 20, 2017 rengo dez 0 Comments

1.Belimbing Wuluh: Bermanfaat untukmenyembuhkan gusi berdarah, obat gondongan, obat Rematik, obat sariawan, obat sakit gigi,  obat pagel linu, obat penghilang panu, (obat batuk+garam).

2.Daun cingcau: Bermanfaat untuk mengobati sakit perut, hipertensi, demam, mengendurkan otot,
mengobati tumor ganas, kanker ginjal, antiradang, hipertensi, vertigo, kolesterol dan maag yang kronis



3.Daun Dewa (Gynura divaricata): Daun dewa sebagai obat analgesik (meredakan rasa nyeri), anti Inflamasi (anti radang), melancarkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, luka memar, pereda rasa nyerin, anti radang, menghentikan pendarahan, penurun panas, kencing manis atau diabetes mellitus dan sebagai pembersih racun dalam tubuh.

4.Sambiloto: Bermanfaat untuk mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), menurunkan panas badan (antipiretika), obat sakit perut, kencing manis, dan terkena racun. Kandungan senyawa kalium memberikan khasiat menurunkan tekanan darah. Hasil percobaan farmakologi menunjukkan bahwa air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0.3 ml/kg berat badan dapat memberikan penurunan kadar gula darah yang sebanding dengan pemberian suspensi glibenclamid. 10-15 daun yang direbus sampai mendidih dan diminum air rebusannya.



5.Beluntas: Tanaman ini berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, membantu melancarkan pencernaan, meluruhkan keringat, menghilangkan bau badan dan bau mulut, meredakan demam, nyeri tulang, sakit pinggang, dan keputihan. Kadar minyak atsiri daun beluntas 5% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, sedangkan pada kadar 20% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherechia coli.



6.Daun Jarak: Bermanfaat untuk menyembuhkan gatal-gatal, koreng, jamur pada kaki, dan luka berdarah. Selain itu tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bengkak akibat terpukul, terkilir, dan rematik. Daun jarak pagar juga bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung pada anak. Dengan penggunaan yang hati-hati, daun jarak pagar bahkan dapat digunakan sebagai obat pencahar ringan. Minyak yang terbuat dari biji jarak, digunakan untuk mengatasi gangguan pada kulit, bengkak, maupun terkilir.



7.Keji BelingBermanfaat sebagai obat disentri, diare (mencret), obat batu ginjal serta dapat juga sebagai penurun kolesterol, mengatasi tubuh yang gatal kena ulat atau semut hitam, mengatasi kencing manis, penyakit liver (sakit kuning), ambien (wasir) dan maag.



8.Temu Lawak: Bermanfaat untuk anti inflamasi (anti radang), anti hepototoksik (anti keracunan empedu), hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri sendi.




9.Kumis Kucing: Bermanfaat untuk mengobati encok, masuk angi, sembelit, radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, reumatik, menurunkan kadar glukosa darah. Kumis kucing juga digunakan sebagai antibakteri.



10.Lidah Buaya: Bermanfaat mengobati diabetes mellitus, serangan jantung, radang tenggorokan, ambeien, sembelit, penurun kadar gula darah, penyubur rambut, batuk (yang membandel), radang tenggorokan, salit kepala, pusing, kejang pada anak, kurang gizi, muntah darah, kencing manis, wasir, peluruh haid, luka terpukul, dan luka bakar.






11.Ajeran

Penurun demam atau panas, pencuci mata, minuman penyegar, melancarkan peredaran darah, sebagai zat untuk antiinflamasi, dan antiseptik.



12.Akar Alang

Sebagai obat penyakit kencing berdarah, meluruhkan air seni, obat penyakit ginjal akut.



13.Akar Wangi

Minyak akar wangi juga digunakan untuk penyadap rasa, untuk mandi tonik, nyeri otot. Dalam pengobatan herbal akar wangi berguna sebagai lithotripic untuk melarutkan atau menghancurkan batu ginjal, menghilangkan rasa haus, pengobatan peradangan, iritasi jerawat dan perut, serta pengobatan demam.



14.Akar Manis

Mengobati penyakit batuk,  penyakit tukak lambung, penyakit darah tinggi.



15. Alpukat

Pencegahan Terhadap Kanker Prostat, Pencegahan Kanker Mulut, Pencegahan Kanker Payudara, Kesehatan Mata, Menurunkan Kolesterol,Kesehatan Jantung, Pencegahan Stroke, Penyerapan Gizi yang Lebih Baik, Mengatasi Hipertensi.




16. Daun adas (Foeniculum vulgare Miller)

Bermanfaat sebagai obat batuk, obat sesak napas, obat sariawan, obat haid tidak teratur, obat batu empedu, keracunan jamur atau tumbuhan obat.




17.Adem ati

Mengobati radang usus, kencing manis, radang kulit, mencret, luka berdarah, radang payudara, kulit bernanah, bisul.




18.Daun Pegagan

Sebagai pembersih darah alami, peluruh atau memperlancar air seni, menurunkan panas tubuh yang disebabkan demam, melancarkan peredaran atau sirkulasi darah dalam tubuh, menghentikan pendarahan pada luka, meningkatkan daya ingat, anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, anti alergi dan juga sebagai stimulan, mencegah varises serta salah urat, penambah tenaga dan stamina tubuh, mencegah stress dan depresi, penambah darah.




19.Daun Tempuyung

Menyembuhkan panas tinggi, melancarkan kencing, menghancurkan peluruh gijal, menghempiskan bengkak, radang payudarah, wasir, darah tinggi, dan asam urat. Bagian paling berkhasiat pada tempuyung adalah daunnya. Daun tempuyung rasanya pahit, tapi bersifat mendinginkan.




20.Daun Andong

Untuk mengatasi batuk berdarah, urine berdarah, haid terlalu banyak, obat diare atau disentri, mengatasi wasir, obat luka akibat sengatan binatang berbisa, mengobati radang gusi.



21. Daun Ciplukan

Menyembuhkan influenza dan sakit tenggorokan, mengobati kencing manis (diabetes), mengobatai sakit paru-paru, mengobati penyakit ayan, selain untuk penyakit dalam. Ciplukan juga bisa digunakan sebagai obat luar.  Mengobati bisul, mengobati borok.




22. Bunga Kenop

Berguna mengobati asma, batuk, radang mata, sakit kepala, mimpu buruk; sakit panas, disentri.



23. Cempaka Putih

Bermanfaat untuk mengatasi bau badan dan ketiak, mengatasi sinusitis, mengobati masalah vertigo (kepala pusing), mengobati Perut kembung, mengobati keputihan, mengobati batuk rejan dan batuk berdahak.



24. Brotowali

Penyakit-penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan bratawali ialah rheumatic arthritis, rheumatik sendi, demam, demam kuning, kencing manis, malaria, diabetes, serta penyakit luar seperti memar, kudis, dan luka.



25. Daun benalu

Bermanfaat mengobati nyeri pinggang, kencing yang tidak lancar dan juga gangguan pada kelenjar prostat, kanker, tumor, amandel dan juga gangguan pada organ usus.



26. Daun Ceker Ayam

Bermanfaat untuk mengobati kanker paru, bronkhitis, radang paru, tonsilis, batuk, koreng, hepatitis, perut busung, infeksi saluran kencing, tulang patah, reumatik, menghilangkan panas dan lembab, melancarkan aliran darah, antitoksik, antineoplasma, penghenti pendarahan (hemostatis) dan menghilangkan bengkak.



27. Daun sisik naga

Bermanfaat untuk mengobati gondongan (parotitis), TBC kulit dengan pembesaran kelenjar getah bening (skrofuloderma), sakit kuning (jaundice), sukar buang air besar (sembelit), sakit perut, disentri, kencing nanah (gonore), batuk, abses paru-paru, TB paru disertai batuk darah, perdarahan, seperti luka berdarah, mimisan, berak darah, muntah darah, perdarahan pada perempuan, rematik, keputihan (leukore), kanker payudara



28. Daun Patah Tulang

Bermanfaat untuk mengobati sakit lambung, rhematik, sifilis, nyeri saraf, penyakit kulit, kusta, wasir, tumor atau kanker, tulang patah, sakit gigi, tahi lalat membesar dan gatal, kutil, tertusuk benda tajam (kaca), kapalan atau penebalan kulit, keseleo.



29. Biji Mahoni

Bermanfaat untuk tekanan darah tinggi (Hipertensi), kencing manis (Diabetes mellitus), kurang napsu makan, rematik, demam, masuk angin, ekzema.



30. Daun Jintan

Bermanfaat untuk mengembalikan kekebalan tubuh, obat demam, mengobati asma, sebagai obat batuk,  mengobati penyakit ayan, obat sakit kepala, menyuburkan ASI, mengobati rematik,  mengobati perut kembung.







You Might Also Like

0 comments:

Google

Postingan Populer