Olahraga Ringan Yang Bisa Anda lakukan Di Rumah

August 07, 2017 rengo dez 0 Comments


Salah satu cara terbaik untuk dapat hidup sehat dan bugar adalah dengan berolahraga. Akan tetapi, banyak orang yang tidak sempat melaksanakannya karena kendala aktivitas ataupun pekerjaan sehari-hari.
Sebenarnya olahraga tidak harus dilakukan dengan berat ataupun harus dilakukan di luar ruangan. Olahraga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bagi Anda yang tidak suka keluar rumah ataupun tidak memiliki banyak waktu untuk ke luar rumah dikarenakan kesibukan yang luar biasa, ada beberapa gerakan mudah berolahraga di rumah yang simple dan hemat biaya.
Berikut ini beberapa jenis olahraga ringan yang bisa Anda coba sendiri di rumah, mudah dilakukan, dan tentunya memiliki manfaat besar untuk kesehatan :
1. Lompat tali

Lompat tali merupakan olahraga yang murah, dan memberi banyak manfaat. Latihan ini baik untuk menjaga kesehatan jantung, membangun kepadatan tulang dan meningkatkan kekuatan tubuh secara menyeluruh. Umumnya, lompat tali selama 10 menit dengan kecepatan sedang bisa membakar sekitar 121 kalori dan jika dilakukan selama 15 menit bisa membakar sekitar 200 kalori.
2. Push Up

Gerakan push up bermanfaat membentuk dan membangun otot tubuh bagian atas, seperti bisep dan trisep serta memperkuat tulang belakang dan bahu. Jika belum terbiasa push up dapat melakukannya dengan bertumpu pada dinding (posisi berdiri) atau meja. Jangan lupa untuk melakukannya saat perut kosong agar Anda tidak merasa mual.
3. Naik turun tangga

Naik-turun tangga tidak hanya membantu membakar timbunan lemak pada tubuh, tetapi juga membuat Anda tetap bugar. Latihan sederhana ini menekan paha, perut, kaki, dan otot tangan. Selain itu, latihan ini juga meningkatkan denyut jantung dan sirkulasi darah dalam tubuh.
4. Squat

Gerakan mudah berolahraga di rumah yang lain adalah squat. Squat ini merupakan posisi seperti saat Anda ingin duduk. Caranya dengan menekuk lutut secara perlahan dan buka kaki selebar dengan bahu Anda.
Setelah itu, berdiri perlahan secara berhati-hati. Lalu tetap menjaga punggung tetap membungkuk. Lakukan secara terus menerus dan perlahan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Latihan squat ini sangat cocok untuk mengencangkan serta menguatkan kaki dan bokong. Lakukan secara rutin dan seminggu tiga kali.
5. Sit Up

Sit up bisa dilakukan ketika bangun tidur dimana perut belum terisi makanan. Lakukan dua puluh kali secara teratur maka otot-otot perut akan terlatih dan akan membantu terbentuknya perut six pack.
6. Lari di Tempat

Untuk Anda yang gemar olahraga berlari, aktivitas fisik yang satu ini bisa dijadikan pengganti saat ada di dalam rumah. Jangan lupa untuk mengangkat kaki dengan tinggi ketika berlari di tempat.
7. Jalan Cepat

Berjalan cepat di sekitar halaman rumah, atau mengitari lingkungan sekitar merupakan jenis olahraga kardiovaskular yang juga dapat memperkuat tulang. Manfaat lain dari kegiatan ini adalah turunnya risiko terkena depresi. Jika Anda sedang terkena depresi, berjalan-jalan dapat membantu meringankan gejala-gejalanya.
8. Hulahop

Olahraga dengan hulahop dapat mengecilkan perut yang buncit dan merampingkan paha yang gemuk. Kalori yang terbakar saat bermain hulahop setara dengan melakukan olahraga jalan santai dengan kecepatan 7 km/jam.
9. Menyapu dan mengepel lantai

Ini adalah salah satu latihan yang bisa Anda lakukan di rumah. Menyapu dan mengepel lantai bisa membantu membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh dan membuat tubuh tetap bugar. Latihan sederhana ini bahkan dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh.
10. Mencuci Pakaian

Mencuci pakaian adalah salah satu kegiatan sehat yang bisa Anda lakukan di rumah. Mencuci pakaian dengan tangan menjadi latihan yang efektif dalam menyehatkan tubuh. Selain tubuh tetap fit, mencuci baju juga dapat menurunkan berat badan karena telah membakar kalori tubuh.

You Might Also Like

0 comments:

Google

Postingan Populer